Jadi Camilan Khas Hari Lebaran, Kue Kembang Goyang Diburu Masyarakat

ilustrasi kue kembang goyang, camilan khas lebaran
ilustrasi kue kembang goyang, camilan khas lebaran
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Kembang goyang adalah salah satu camilan tradisional khas untuk hidangan tamu di hari Lebaran, kue ini pun banyak diburu terutama di kampung-kampung dan pedesaan, kembang goyang seolah menjadi kue wajib yang tersedia di meja tamu.

Bahkan kue kembang goyang juga banyak terpajang toko oleh-oleh untuk dijual saat liburan Lebaran.

Bagi mereka yang mudik, kembang goyang jadi hidangan pelepas rindu akan kampung halaman. Disebut kembang goyang karena bentuknya seperti kembang atau bunga mekar dan membuatnya dengan cara digoyang-goyang.

Sebagian masyarakat menyebut kue kembang goyang dengan roda dokar, karena bentuknya yang memang mirip dengan roda dokar atau delman.

Salah satu pembuat kembang goyang ini adalah Pak Salim, warga Kampung Karangbolo Ungaran Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Setiap hari ia membuat kembang goyang untuk melayani pesanan dari berbagai daerah.

Pada masa satu bulan menjelang libur Lebaran, pesanannya bertambah banyak. Naik hingga berkali-kali lipat dibanding hari biasa.

"Begitu masuk bulan Ramadhan sudah banyak yang pesan. Ada yang dipakai untuk takjil dan untuk pesanan saat Lebaran. Terutama dri pondok-pondok pesantren, serta dari pedesaan karena kue tradisional ini masih disukai," kata Pak Salim.

Halaman Selanjutnya
img_title