Fajri Pria Obesitas 300 kg Alami ‘Filariasis’, Dokter Evaluasi Faktornya

Fajri pria obesitas
Sumber :

Viva Bandung – Tim dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) memberikan perawatan khusus kepada Fajri, pria berbobot 300 kilogram dari Tangerang tengah. 

Yakin Mau Konsumsi Mie Instan Tiap Hari? Ini 8 Penyakit yang Bakal Menyerang

Dalam menangani Fajri, tim dokter menemukan bahwa dia menderita filariasis, penyakit yang disebabkan oleh tiga jenis cacing yang ada di tubuh pasien.

Pasien bernama Muhammad Fajri (MF) memiliki kaki kanan yang lebih besar, menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK(K), MHA. Setelah pemeriksaan, dokter Nadia mengatakan bahwa organ-organnya membengkak karena sumbatan.

Awas! Mie Instan Bahaya Dikonsumsi Terlalu Banyak, Ini Dampak Negatifnya

Fajri pria obesitas

Photo :
  • -

"Kaki kanan yang membesar itu kita membuat difusi dengan limfedema, yaitu akibat dari sumbatan limfa. Kemungkinan juga penyebabnya apa, apakah kemungkinan ada devite di trombosit, tadi sedang kita cari," ungkap dr Nadia, dalam konferensi pers di RSCM, Jakarta, Rabu 14 Juni 2023

Kabar Duka, Ibunda Ramzi Meninggal Dunia Ini Penyakit yang Diderita

Filariasis Disebabkan 3 Cacing Menurut dokter Nadia, penyebabnya yang masih ditelusuri membuat tim medis cenderung mengarah pada penyakit filariasis atau kaki gajah. Sebab, gejalanya mirip dengan kondisi tersebut.

Di Indonesia, filariasis, atau penyakit kaki gajah, masih menjadi masalah kesehatan yang serius karena semua orang, baik anak-anak maupun dewasa, dapat tertular.

Halaman Selanjutnya
img_title