Panji gumilang Bantah Isu Ajak Jemaah untuk Tawaf Keliling Al Zaytun dengan Mobil

Ken Setiawan, Alumni Ponpes Al Zaytun sekaligus mantan Pendiri NII Crisis Center
Sumber :
  • tvOneNews

Viva Bandung – Ken Setiawan, pendiri NII Crisis Center, menyebutkan bahwa santri di Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu memiliki cara naik haji sendiri setiap tanggal 1 Muharram dalam kalender Hijriyah.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Ken mengatakan bahwa para jemaah mengelilingi bangunan Al Zaytun seperti jemaah haji mengelilingi Kabah di Mekkah. Bedanya, jemaah Al Zaytun tawaf memakai mobil.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ken Setiawan dalam seminar mewaspadai penyimpangan agama melalui doktrin radikalisme, yang diselenggarakan oleh NII Crisis Center, di pondok pesantren Hidayatut Tholibin, Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat Minggu, 18 Juni 2023.

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

Berkaitan dengan hal ini, Panji Gumilang pun buka suara. Dia menganggap yang disampaikan oleh Ken Setiawan adalah salah satu cara untuk menyudutkan Ponpes Al Zaytun. Dia mengatakan bahwa tuduhan itu tidaklah benar.

“Itulah dalam rangka menyudutkan orang. Lah kalau itu dipercayai, kacau dunia. Sangat tidak benar,” ujar Panji Gumilang seperti dilihat dalam TikTok Heri Patoeng Jumat, 30 Juni 2023

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

Terkait tamu yang mengelilingi Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang mengaku itu merupakan rangkaian acara semacam pengenalan lingkungan pesantren yang digunakannya untuk mengenalkan bagian-bagian yang ada di sana beserta fungsinya.

"Ini loh tempat makan, ini loh tempat produksi pangan, ini loh tempat kegiatan IT, diterangkan. Itu namanya berputar-putar. Bahasa Arabnya tawaf." ujar Panji Gumilang.

Halaman Selanjutnya
img_title