Antraks Menyebar di Yogyakarta, Kemenkes Sebut karena Sapi Sakit Disembelih

Penyakit Antraks
Sumber :

Viva Bandung – Penyakit antraks saat ini menjadi sorotan karena memicu tiga warga meninggal dunia dan puluhan lainnya terinfeksi di daerah Gunungkidul, DIY. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengatakan bahwa antraks mulai meluas dan mewabah karena hewan ternak yang mati disembelih.

Pernah Kuliah Kedokteran di UGM, Profil Mbah Benu Pimpinan Jemaah Aolia Gunungkidul

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi menjelaskan bahwa kasus antraks yang terjadi di DIY sudah seharusnya diberi status Kejadian Luar Biasa (KLB) lantaran sudah ada laporan kematian. KLB adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan/atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah.

"Tetapi kembali lagi ini kewenangan dari daerah untuk bisa menyatakan KLB atau bukan," ungkap Direktur Imran Pambudi, dalam konferensi pers virtual Kemenkes, Kamis 6 Juli 2023.

Beda dari yang Lain, Jemaah Aolia Gunungkidul Rayakan Idul Fitri Tanpa Gema Takbir

Dia juga menjelaskan kronologi penyebaran antraks bahwa pada 18 Mei 2023, sapi yang sudah mati tetap disembelih. Daging itu lalu dibagikan tanpa curiga akan adanya penyakit yang mengintai hewan te rnak itu.

"Kasus kematian sapi pada 18 Mei, kemudian disembelih. Jadi sapinya ini sakit kemudian disembelih, dan dibagikan keluarga untuk dikonsumsi. Jadi ini yang menjadi salah satu penyebab penyebarannya," 

Tradisi Mbrandu Disinyalir Jadi Penyebab Sebaran Penyakit Antraks di Gunungkidul

Selanjutnya, Kemenkes mencatat hewan yang mati disembelih kembali oleh warga. Kali ini seekor kambing dan dagingnya dibagikan kepada warga. Tidak lama kemudian, hewan ternak lainnya berupa sapi (milik SW) juga mati, namun tetap disembelih dan dibagikan dagingnya.

"Yang meninggal ini (Bapak WP) membantu menyembelih sapi Bapak SW tadi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title