Kapal Guna Sahari Terbakar, 12 Anak Buah Kapal Terjun ke Laut

Kapal Guna Sahari terbakar di Perairan Kayong Utara
Sumber :
  • Dok Humas Polda Kalbar

BANDUNG – Sebanyak 12 orang anak buah kapal (ABK) Kapal Guna Sahari yang berberhasil selamat dari insiden kebakaran di Perairan Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat pada Sabtu, 5 November 2022.

Polres Kayong Utara Tangani 77 Kasus Sepanjang Tahun 2022

Komandan Kapal KP. Raja Udang VI-4002 Bripka Aswaludin menjelaskan, usai menerima informasi bahwa ada Kapal Guna Sahari terbakar di Perairan Selat Karimata, Kayong Utara langsung mendatangi tempat dimana KM Guna Sahari yang terbakar untuk memberikan pertolongan dan mengevakuasi anak buah kapal.

".Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran kapal KM. Guna Sahari tersebut," ujar Aswaludin dikutip Minggu, 6 November 2022.

Polres Kapuas Hulu Pecat Dua Anggota Pelanggar Kode Etik

Ia menambahkan KM.Guna Sahari tersebut di nahkodai Selamet berserta 12 ABK lainnya berhasil diselamatkan.

"Berdasarkan keterangan dari salah satu ABK bahwa sekitar pukul 06.00 Wib, ABK Indra Pramana melihat semburan api di dekat mesin belakang, selanjutnya menyambar selang BBM minyak di dekat tangki penyimpanan minyak,"tambahnya.

Gelombang 2 Meter Hadang Pencarian Kapal Tenggelam di Perairan Karimata

Lebih lanjut, ia mengatakan, kemudian ABK tersebut membangunkan nahkoda dan seluruh ABK, setelah itu nahkoda memerintahkan ABK untuk berkumpul di haluan kapal dan memberi arahan untuk mengambil life jaket dan memakainya untuk menyelamatkan diri dengan cara menceburkan diri kelaut.

"Alhamdulillah dalam peristiwa itu tidak ada korban, semua Anak buah kapal selamat,"ujarnya.