Konser "The Eras Tous" Taylor Swift Tuai Getaran Setara Gempa 2,3 Magnitudo

Taylor Swift
Sumber :

Viva Bandung – Puluhan ribu penonton mengentakan kaki dan menyebabkan tanah bergetar ketika konser Taylor Switf yang bertajuk "The Eras Tour" di Stadion Lumen Field, Seattle, Amerika Serikat pada Sabtu, 22 Juli 2023 lalu.

Madonna Berikan Donasi untuk Korban Gempa di Maroko

Saking kerasnya getaran tersebut, seismograf di wilayah sekitar menangkap sinyal setara dengan gempa bumi berkekuatan 2,3 SR ketika Taylor Swift naik ke atas panggung.

Jackie Caplan Auerbach, seorang ahli seismologi mengungkapkan guncangan yang tercipta dari hentakan kaki penonton konser dua kali lebih besar dari "beast quake".

Sebelum Diguncang Gempa, Inilah 5 Tempat Wisata yang Miliki Pemandangan Menakjubkan di Maroko

Beast quake sendiri adalah gempa binatang yang terjadi pada tahun 2011 lalu, ketika penggemar Seahawks meledak setelah touchdown terlambat yang dilakukan oleh Marshawn Lynch.

"Guncangannya dua kali lebih kuat dari 'Beast Quake'," kata Caplan Auerbach dikutip dari MARCA.

Maroko Terkena Gempa Bumi, Lionel Messi Mendoakan

“Perbedaan utama adalah durasi getaran. Bersorak setelah touchdown berlangsung selama beberapa detik, tapi akhirnya mereda. Jauh lebih acak daripada konser. Untuk Taylor Swift, saya mengumpulkan sekitar 10 jam data di mana ritme mengendalikan perilaku,” sambungnya.

Menurut Caplan, kemungkinan penyebab getaran itu adalah kombinasi musik dari sound system konser dan penggemar Taylor Swift yang menari selaras dengan alunan musik. 

Halaman Selanjutnya
img_title