Sering Menuai Kontroversi, Begini Sejarah Adanya Pesantren Al-Zaytun

Ponpes Al-Zaytun
Sumber :

Viva Bandung – Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu Jawa Barat, akhir-akhir ini sering menuai perhatian publik di media sosial. Sebelumnya sempat viral salat idulfitri dengan shaf salat untuk pria dan wanita yang sejajar. 

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Kini, pesantren milik Panji Gumilang tersebut kembali menjadi sorotan publik karena diduga menyanyikan lagu Yahudi dalam acara wisuda ke-3 Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziz. Tidak hanyna itu, ponpes Al-zaytun juga memperbolehkan santrinya melakukan zina dan dosanya bisa ditebus dengan uang.

Berbagai kontroversi ini tentu membuat Ponpes Al-Zaytun jadi perhatian banyak orang. Tidak heran kalau publik merasa penasaran dengan bagaimana pesantren ini bisa berdiri sampai sekarang, meskipun ajarannya dianggap menyesatkan.

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

Pesantren Al-Zaytun didirikan oleh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang. Pertama kali dibangun pada tahun 1996 di atas tanah seluas 1.200 hektar. Terletak di desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sebelumnya, Ponpes Al-Zaytun ini berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Indonesia. Pesantren ini pun diresmikan secara langsung oleh Presiden BJ Habibie pada tanggal 27 Agustus 1999.

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

Pesantren ini juga menjadi salah satu pelppor pendirian pesantren di Jawa Barat. Sejak dibangunnya, Panji Gumilang memiliki visi misi membangun akidah santri melalui pendidikan Islam.

Adapun prestasi yang pernah dicapai oleh Ponpes Al-Zaytun ini adalah ketika media Washington Time menobatkan Al-Zaytun sebagai ponpes terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2005.

Halaman Selanjutnya
img_title